Bicara tentang kopi tubruk tentu tidak bisa lepas dari Indonesia. Sebab, minuman kopi yang dibuat dengan teknik manual brew ini memang hanya ada di Indonesia—negeri penghasil kopi keempat terbesar di dunia.

Kopi tubruk adalah kopi yang hampir semua kalangan bisa membuatnya dan enak untuk dinikmati di mana saja dan kapan saja. Di kantor, di rumah, di tengah perjalanan, di warung, baik ketika udara dingin maupun panas. Namun tidak semua orang paham cara membuat kopi tubruk yang ideal.

Inilah hal-hal yang perlu Anda pahami terlebih dulu sebelum menyeduh kopi:

 

Air
Sudah barang tentu, pastikan air yang Anda gunakan bersih, tak berasa, dan tak berbau. Konon katanya, air mineral dapat lebih mampu mengeluarkan karakter kopi. Meski begitu menggunakan air minum kita sehari-hari pun tak mengapa.

 

Kopi

Idealnya biji kopi yang akan gunakan masih dalam kondisi segar, bukan yang sudah disimpan selama lebih dari dua bulan setelah dimasak (roasting). Punya mesin giling (grinder) sendiri juga akan lebih baik. Segera setelah digiling, kopi bubuk langsung diseduh. 

 

Ukuran bubuk kopi

Semakin halus bubuk kopi yang kita giling, makin mudah air melarutkan sari-sarinya sehingga aroma dan karakter kopi lebih terasa.

 

Rasio kopi dan air

Ini juga menjadi kunci untuk memunculkan rasa kopi yang mantap. Prinsip umum perbandingan antara kopi dan air adalah 1:15. Maka, untuk 10 gram kopi, maka sebaiknya air yang kita pakai sekitar 150 ml.

 

Waktu seduh

Faktor waktu menyeduh juga sangat penting agar aroma dan rasa kopi yang dihasilkan oke. Waktu yang dibutuhkan untuk air panas menyerap saripati kopi adalah sekitar empat menit. Setelah itu Anda sudah bisa menyeruputnya. 

 

Nah, sekarang mari kita rasakan nikmatnya kopi tubruk buatan sendiri dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Masak air hingga suhu 89-90°C. Tanpa termometer, Anda bisa menakar sendiri dengan cara menunggu air sampai mendidih, lalu matikan dan biarkan selama 1,5 hingga 2 menit.
  2. Siapkan bubuk kopi sesuai porsi keinginan Anda. Ingat, perbandingan kopi dan air adalah 1:15. Kira-kira dua sendok teh untuk satu cangkir air.
  3. Tuangkan sedikit air hanya untuk membasahi kopi. Biarkan selama 30 detik.
  4. Masukkan seluruh sisa air, aduk dan biarkan selama 4 menit.
  5. Kopi tubruk siap dinikmati. Anda bisa menambahkan gula, krim, atau susu sesuai selera.