Mencari jodoh untuk secangkir kopi tubruk ternyata tak sesulit yang dibayangkan. Berikut sontekannya.

 

Sensasi yang dirasa sesaat menyesap kopi tubruk tak tergantikan. Pastinya akan lebih nendang rasanya bila dinikmati bersama camilan yang pas padanan rasanya. Berhubung kopi tubruk adalah teknik menyeduh kopi yang sangat khas Indonesia, maka padu-padan camilannya pun paling pas dinikmati dengan camilan yang juga khas dari Indonesia.

 

Swan Kumarga pendiri restoran Dapur Solo merekomendasikan pisang goreng dan singkong goreng sebagai jodoh paling pas untuk kopi tubruk.

 

“Kalau mau sehat, ya nikmati dengan ubi rebus. Sejak dahulu, dari jaman nenek kita, kopi tubruk paling enak diseruput sambil nyemil 'makanan kampung' seperti singkong rebus, jagung rebus, kacang rebus, itu jika ingin lebih sehat...atau gorengan-gorengan.”

 

Pilihan lainnya adalah butter toast yang cocok dipadankan dengan kopi tubruk yang pahit. Alasannya sederhana, toastsangat mengenyangkan dan pas buat sarapan. Selain itu tentu juga lebih sehat dari gorengan. Kamu bisa memilih aneka selai kesukaan yang memberi manis pada pagimu. Atau kalau masih kurang kenyang bisa tambahkan telur mata sapi. Uhm, yummy!

 

Suka serabi? Mungkin boleh mencoba memadankan kopi tubruk dengan serabi asin dari Bandung yitu serabi ayam suwir pedas. Bahan pembuat serabi ayam suwir pedas ini sama dengan serabi oncom. Bedanya hanyalah pilihan toppingnya. Serabi ayam suwir pedas yang legit dan gurih bisa jadi 'sahabat kental' es kopi susu atau kopi tubruk. Enak!